[Resep] Mille Crepes with Choco Custard Cream

Mille Crepes, atau Thousand Layers cake.  Kalau dari namanya sih kedengeran kebarat-baratan ya, tapi cake yang satu ini sangat populer juga di Jepang, jadi cukup banyak juga yang mengira cake ini asalnya dari Jepang. Dessert yang satu ini asalnya dari Perancis, terdiri dari pancake tipis/crepes yang disusun berlapis selang-seling dengan filling-nya (banyak banget lapisannya, tapi nggak sampe seribu lapis juga sih. Rada lebay yang ngasih nama hahaha! :D). Untuk filling-nya sendiri bervariasi, ada yang berupa whipped cream/butter cream ada juga yang pakai custard cream mirip isian choux pastry/kue sus. Pertama kali lihat bentuknya kok kayaknya ribet ya bikinnya, tapi ternyata setelah dipraktekkan malah gampang banget.

Resep yang bakal saya share kali ini untuk crepes dengan ketebalan yang medium, jadi kalau mau bikin porsi lebih banyak atau bikin layer yang lebih tinggi (tapi jadi rada susah motongnya, makin banyak layer juga bikin makin lama dan agak cape nyusun-nya! :p) bisa dibikin double/triple ingredients measurement-nya ya. Monggo bebas aja, tinggi layer-nya suka-suka dan sesuai selera. Resep crepes-nya saya adaptasi dari channel Ochikeron, tapi untuk filling-nya 100% kreasi saya sendiri. 😉

Bahan Crepes:

2 butir – telur

100 gram – terigu

2 sdm – gula pasir

2 sdm – butter, lelehkan

250 ml – plain UHT milk

1/2 sdt – vanillie bubuk/essence

minyak untuk olesan

Bahan filling:

1 bungkus – tepung vla instant (saya pakai merk “MyVla”), larutkan dengan air panas sesuai instruksi di kemasan

250 ml – chocolate UHT milk

2 sdm – terigu

1 sdm – maizena

2 sdm – gula

fresh/dried berries & icing sugar

Cara membuat:

1. Crepes: Ayak terigu, tambahkan telur dan gula, kocok manual dengan balloon whisk. Tambahkan butter, lalu tuang susu cair sedikit demi sedikit, aduk rata. Terakhir tambahkan garam & vanilie bubuk, aduk rata kembali. Saring adonan lalu tutup dengan plastic wrap & istirahatkan di kulkas selama 30 menit.

2. Sembari menunggu adonan crepes “beristirahat”, kita buat filling-nya. Larutkan satu bungkus vla instan dengan air panas sesuai instruksi di kemasan, sisihkan. Tuang susu UHT coklat ke dalam panci (pastikan kompor menyala dengam api kecil)  panaskan selama 2-3 menit hingga mendidih. Tuang larutan vla ke dalam susu yang sudah dipanaskan aduk rata. Tambahkan gula, terigu, dan maizena, aduk rata kembali dengan cepat dan konstan dengan balloon whisk sampai adonan mengental dan meletup-letup. Matikan api.

3. Panaskan wajan anti lengket ukuran sedang. Olesi dengan sedikit minyak. Dadar adonan crepes tipis-tipis sampai seluruh adonan habis. Bolak-balik crepes, pastikan kedua sisinya matang. Kalau saya prefer ngebolak-balik crepes pakai tangan (udah macem atraksi debus aja, tapi nggak panas kok, bener!), soalnya kalau pake spatula rada susah, karena saking tipisnya crepes-nya rawan ngelipet setelah dibalik. 😀

4. Untuk penyusunan Mille crepes: siapakan satu lembar crepes, lapisi dengan custrad cream, ratakan (jangan terlalu tebal di bagian tengah, nanti jadinya menggunung), ulangi proses membuat lapisan crepes-custard-crepes-custard sampai seluruh crepes dan custard habis.

5. Simpan Mille crepes selama 4-6 jam di dalam lemari es sebelum dipotong dan disajikan, agar lapisan crepes – custard cream lebih solid.

6. Keluarkan Mille crepes dari lemari es, taburi dengan icing sugar dan fresh/dried berries (optional). Potong-potong, sajikan dingin. 🙂

resep mille crepes

Advertisements

2 thoughts on “[Resep] Mille Crepes with Choco Custard Cream

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s