[Resep] Gyoza / Kuo Tie Udang

Yeey! Akhirnya saya posting resep lagi…dan Japanese food lagi! (gomen ne! >_<) Nggak bisa bohong sih, saya emang Japanese food addict, kalau di Youtube pun seringnya buka Japanese cooking channel. Resep kali ini adalah Gyoza udang, atau dikenal juga dengan sebutan Jiaozi. Tapi resep kali ini masih ada Chinese influenced-nya lho, karena beberapa kali saya makan dim sum/Chinese dumplings saya selalu nemu cemilan yang satu ini, tapi kalo bareng gank dim sum dkk. disebutnya Kuo Tie (ternyata makanan ini namanya muacem-macem! :D). Gyoza/Kuo Tie ini bentuknya mirip-mirp pangsit atau siomay, tapi yang bikin menarik adalah proses pembuatan/pematangannya yang menggunakan dua cara sekaligus, yaitu pan fried (digoreng dengan sedikit minyak), lalu direbus. Resep ini hasil modifikasi alias pakai bahan seadanya di kulkas dari resep di channel Cooking With Dog & runnyrunny999 tentunya bahan utama pun disesuaikan dengan yang halal yah hehe, karena bahan authentic Gyoza/Kuo tie pakai pork, tapi di sini saya ganti dengan udang, cara bikinnnya gampang & hasilnya pun nggak kalah enak lho. Yuk disimak! 😀

Bahan:

50 gram – udang kupas (bisa diganti dengan ayam/ikan/etc.)

1 siung – bawang putih, cincang

1 batang – daun bawang prei, rajang

1 butir – telur

1 sdm – maizena

2 sdm – terigu

1 sdm – shoyu/kecap asin

1 sdt – saus tiram

½ sdt – minyak wijen

1 sdt – garam

½ sdt – merica

½ sdt – gula

250 ml – air

2 sdm – minyak goreng

+/-  20 lembar kulit gyoza/pangsit/siomay* (*berbentuk lingkaran, pakai yang bentuk persegi pun oke, asal ujung-ujung lancipnya digunting sedikit biar lebih mudah dilipit-lipit. :D)

Cara membuat:

1. Cincang halus udang, masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan telur, bawang putih, dan daun bawang, aduk rata.  Masukkan semua bumbu-bumbu, garam, gula, merica, kecap asin, saus tiram, minyak wijen, aduk rata. Tambahkan sedikit demi sedikit maizena dan terigu, aduk kembali sampai rata.

2. Ambil 1 lembar kulit gyoza/kuo tie, beri 1 sdt adonan udang di tengah-tengah kulit, gunakan air sebagai lem untuk merekatkan kedua pinggiran kulit gyoza/kuo tie, hingga berbentuk setengah lingkaran. Buat pleats/lipit di pinggiran kulit gyoza/kuo tie, sisihkan. Ulangi proses yang sama hingga seluruh adonan habis. Untuk bentuk kuo tie, biasanya setelah dilipit kuo tie mentah sedikit dibengkokan, hingga bagian bawahnya berbentuk seperti bulan sabit. 😉

3. Dalam keadaan kompor yang BELUM menyala: Tuang minyak ke dalam wajan anti lengket ukuran sedang, tata rapi gyoza/kuo tie beri sedikit jarak agar tidak melekat satu sama lain (lihat gambar di bawah ini). Nyalakan kompor dengan api kecil, goreng gyoza/kuo tie (bagian bawahnya saja) selama 2-3 menit sampai berubah kecoklatan. Setelah 2-3 menit, cek satu persatu bagian bawahnya. Jangan sampai gosong, nanti kulit jadi lengket & sobek lalu adonan isi keluar.

resep-gyoza-01

4. Setelah dicek bagian bawah masing-masing gyoza/kuo tie berubah kecoklatan, segera tuangkan air ke dalam wajan, biarkan gyoza/kuo tie masak sampai air menyusut dan habis.

5. Sajikan gyoza/kuo tie selagi hangat. Itadakimasu! 🙂

resep-gyoza-02

(*resep untuk +/- 20 pcs)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s