Resep Klappertaart (No-baked)

I’m a big fan of dessert, terutama pudding & ice cream. Klappertaart adalah salah satu dessert favorite saya. Dessert yang satu ini merupakan Dutch-influenced recipe yang populer sebagai dessert khas Manado. Saat ini Klappertart sudah populer dan cukup mudah didapat di berbagai gerai roti & kue basah di kota-kota besar dengan berbagai macam jenis, baked (Klappertaart panggang) & no-baked/cold (Klappertaart dingin). Klappertaart panggang adalah yang kering dan ada tekstur reroti dan juga bisa dipotong-potong. Sedangkan Klappertart dingin adalah yang disajikan dingin *ya iyalah!*, teksturnya creamy seperty custard, makannya harus pakai sendok, dan dijual biasanya dalam cup-cup aluminium/plastik. Selain itu Klappertaart juga sudah banyak yang dimodifikasi dengan aneka topping seperti keju, chocolate chips, strawberry, dll.

Kebetulan favorit saya adalah yang no-baked Klappertaart, tapi karena harga Klappertart ini biasanya cenderung mahal, saya nggak bisa sering-sering beli jadinya, hihihi. Oleh karena itu beberapa saat yang lalu saya membulatkan tekat untuk bikin no-baked Klappertaart sendiri. Resepnya terinspirasi dari Hanna’s Klappertaart, mbak Hanna ini adalah puteri dari komedian legendaris Indonesia, alm. Kasino. Kebetulan beliau adalah salah satu produsen no-baked Klappertaart yang sudah terkenal dan banyak yang menggemari Klappertart buatan mbak Hanna ini. Resep yang saya bagi berikut sudah saya utak-atik sedikit, disesuaikan dengan selera dan budget. 😀

Bahan:

500 ml – susu cair

2 butir – telur

50 gram – butter, melted

100 gram – gula pasir

50 gram – terigu

1 sdm – maizena

1 sdt – vanillie bubuk

1/4 sdt – essense rhum (optional)

1 butir – daging kelapa muda, kerok dengan serutan blewah

50 gram – kismis

kayu manis bubuk – ayak, untuk taburan

Cara membuat:

1. Siapkan wadah/baskom. Kocok susu dengan telur dan gula sampai rata, tambahkan terigu dan maizena sedikit demi sedikit, aduk kembali sampai rata. Tambahkan butter, vanillie bubuk, essense rhum, aduk kembali. Terakhir tambahkan daging kelapa muda & kismis aduk rata.

2. Pindahkan seluruh adonan ke dalam panci, masak dengan api yang sangat kecil sambil terus diaduk secara konstan dan satu arah sampai mengental. Setelah adonan mendidih dan keluar letupan pertama dari adonan, langsung matikan kompor. Fungsinya agar adonan tidak pecah.

3. Siapkan  wadah cup aluminium/plastik, isi dengan adonan Klappertaart. Ayak kayu manis bubuk untuk topping, atau bisa ditambahkan topping lain seperti keju, chocolate hips, chocolate serut, cherry, strawberry etc.

4. Dinginkan 4-6 jam di dalam lemari es. Sajikan dingin! 😀

resep-no-baked-klappertart

(untuk 6 porsi. [100 ml cups])

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s