Resep Chicken Katsu-don

Chicken Katsu. Siapa yang nggak tau makanan ini, olahan daging ayam asal Jepang dengan western influenced ini sudah sangat populer bagi lidah orang Indonesia. Dada ayam boneless & skinless (fillet) yang digoreng dengan panko/breadcrumbs, atau bisa disebut dengan Schnitzel, sangat gurih dinikmati dengan/tanpa saus. Di Jepang sendiri, Katsu (chicken/beef/pork) sering disandingkan dengan nasi dan kare, jadi Katsu Kare. Nah, sebenernya ada olahan Katsu lain yang nggak kalah enak selain Katsu Kare, namun belum begitu populer di Indonesia, yaitu: Chicken Katsu-don.

Pertama kali saya makan Chicken Katsu-don itu tahun 2008, di Bentoya…salah satu resto Jepang yang segmen-nya agak menengah keatas, di HokBen nggak ada ginian soalnya. Hehehe…rasanya enak banget, nasi hangat, telur dadar dengan campuran bawang bombay yang lembut, dan Chicken Katsu yang crispy dan gurih disiram saus/kuah. Nah karena rasanya nagih banget, akhirnya bikin saya browsing sana-sini. Hasil Googling, dan Youtube-ing, saya akhirnya punya resep yang sudah saya modifikasi sendiri (tanpa sake/mirin). Bahan dan cara membuatnya gampang banget setelah dipraktekkan! 😀

Bahan:

[*untuk 1 porsi]

1 buah – Dada Ayam fillet/boneless & skinless

2 sdm – panko / breadcrumbs (tepung roti kasar)

1 sdm – terigu

1/2 sdt – garam

1/2 sdt – merica

2 butir – telur

Minyak untuk menggoreng Chicken Katsu

1 buah – bawang bombay, ukuran sedang, potong-potong.

2 sdm – shoyu (Kikkoman)/kecap asin biasa

2 sdm – jus apel dalam kemasan (pengganti sake/mirin)

1 sdt – saus tiram

1 sdt – gula

1/2 sdt – kaldu bubuk (optional, kalau nggak suka bisa skip aja)

100 ml – air

1 porsi – nasi putih hangat

1 sdm – Irisan daun bawang/nori untuk taburan

Cara Membuat:

1. Pipihan dada ayam dengan cara dipukul-pukul dengan beef tenderizer atau ulekan. Setelah itu marinade ayam dengan garam dan merica, lalu gulingkan di atas tepung terigu sampai rata. Kocok 1 butir telur, celupkan ayam ke dalam telur, terakhir coat dengan panko/bread crumbs. Goreng Chicken Katsu sampai berwarna golden-brown. Potong-potong. Sisihkan. Bisa pakai frozen Chicken Katsu/Schnitzel kalau mau lebih praktis. 🙂

2. Untuk sausnya: Panaskan 1 sdm minyak di atas teflon ukuran sedang, masukkan bawang bombay, tumis sampai harum dan layu. Masukkan shoyu/kecap asin, saus tiram, gula, kaldu bubuk, jus apel, dan air, aduk rata. Biarkan selama 1-2 menit sampai mendidih, lalu masukkan Chicken Katsu yang sudah dipotong-potong, letakkan di tengah-tengah tumisan bawang bombay. Note: Masak dengan api kecil agar air tidak cepat menyusut.

3. Kocok 1 butir telur, siramkan telur ke atas tumisan bawang bombay dan Chicken Katsu. diamkan sampai telur matang, jangan diotak-atik. Matikan api.

4. Siapkan nasi hangat, tata di dalam mangkuk/piring. Letakkan telur dan Chicken Katsu yang sudah dimasak di atasnya. Taburi dengan irisan daun bawang atau nori. Sajikan Chicken Katsu-don selagi hangat.

Itadakimasu! 😉

resep-chicken-katsu-don

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s