[Resep] Sego Njamoer

Sego Njamoer atau Nasi Jamur adalah salah satu jajanan yang sudah sangat populer di kalangan mahasiswa/pelajar di kota Surabaya. Isinya nasi putih yang dikepal mirip Onigiri, dan diisi dengan tumisan jamur dengan pilihan rasa original & spicy. Harga 1 porsinya murah banget Rp. 4.000/bungkus, nggak heran kalau makanan ini jadi pilihan mahasiswa/pelajar dikala bokek. Dengan jargon-nya “Nggak bikin kanker (kantong kering)”, booth Sego Njamoer tersebar hampir di seluruh kantin kampus/sekolah di Surabaya.  Rasanya oishii dan nagih banget. Sayangnya nih, porsinya dikiiiit kalau 1 bungkus aja saya aja selalu kurang 😦 (iya…iya…saya makannya banyak! -.-“), biasanya makan 2-3 bungkus baru kenyang. Nah, kapan hari saya sempet ber-eskperimen utak-atik resep Sego Njamoer ini, biar bisa dibikin sendiri di rumah, dan ternyata bumbunya gampang banget. Yuk disimak! 😀

Bahan:

250 gram – nasi putih matang

200 gram – jamur tiram, cuci bersih, suwir-suwir

3 sdm – maizena

1 sdt – garam

1/2 sdt – ketumbar bubuk

1/2 sdt merica

1/2 sdt gula

2 sdm – minyak untuk menumis

Cara membuat:

1. Jamur tiram yang sudah dicuci dan disuwir-suwir di marinade dengan garam, gula, merica, ketumbar bubuk, aduk rata. Lalu tambahkan maizena. Aduk rata kembali.

2. Panaskan minyak di permukaan teflon/happy call, setelah panas, masukan jamur yang sudah dilumuri bumbu &  maizena. Tumis hingga jamur lembut dan lapisan maizena mulai agak lengket dan mengering. Matikan api, sisihkan. (Resep ini untuk Sego Njamoer varian original, kalau mau pedas bisa ditambah bubuk cabe atau cabe iris)

3. Siapkan cetakan Onigiri*, lapisi dasar cetakan dengan nasi, tambahkan 1 sdm penuh tumisan jamur di atas nasi, lalu tutup kembali dengan lapisan nasi. Tekan dengan penutup cetakan-nya, lalu keluarkan. Lakukan proses yang sama hingga nasi dan tumisan jamur habis.

4. Sajikan dengan saus tomat/sambal. Itadakimasu! 😀

Resep sego njamoer

(*) Kalau nggak punya cetakan Onigiri, bisa dikepal pakai tangan yang dilapisi plastik. Untuk membentuk segitiga, bisa pakai sudut antara jari telunjuk & ibu jari. Foto di atas saya kepal pakai tangan lho. Lumayan kan bentuknya? hehe… Oh iya, cetakan Onigiri bisa dibeli di Daisho. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s