Exploring Prague: Tempat Paling Wajib Dikunjungi di Eropa

Ahoj!

37959_1600779574825_5798653_n

Kali ini saya mau cerita pengalaman traveling saya yang pertama kali ke Eropa. Yaitu ke Praha, tepatnya 3 tahun lalu. Saya pergi ke Praha bareng teman-teman dari Airlangga University Choir, kebetulan waktu itu mau mengikuti Praga Cantat choir competition. Sebenernya kami nggak sendirian yang berangkat dari Indonesia, ada juga teman teman dari paduan suara Universitas Padjajaran-Bandung dan BINUS-Jakarta. Rame kaaan? tapi berangkatnya tetep sendiri-sendiri sih, hehehe…

Ceritanya waktu itu yang paling heboh buat preparationnya, bingung pengen beli coat, beli boots, beli earmuff, beli gloves etc…norak ya? Soalnya emang belom pernah punya dan pengalaman pergi ke negara 4 musim…selain itu pengen gaya juga sih hahaha. Jujur aja, seperangkat anget-angetan ini vital banget buat saya, soalnya saya sendiri punya alergi dingin, kadang kalau kedinginan suka tiba-tiba biduran, bruntusan, gatel-gatel. Hiks. So, I really have to keep my body stay warm all the time. Tips-tips traveling untuk first timer ke negara 4 musim bakal saya share di postingan yang terpisah nanti ya…sekarang fokus ke cerita tentang Praha dulu. So, stay tuned! 😉

Sebelum berangkat, saya sempetin buat browsing-browsing tentang Praha, dan dari info-info yang saya dapat, walaupun Ceko ini termasuk Schengen Zone, tapi untuk mata uang mereka belum pakai Euro, masih pakai Crown/Koruna/Czk, yang kurs-nya aje gile murah 1 Czk = Rp. 500. Asikkk, gak bikin kantong bolong. Selain itu, Praha ini terkenal sekali kastil-kastil dan bangunan bernuansa gothic (bukan…bukan Zaskia gotik ya! :p), juga terkenal dengan wine-nya. Katanya sih Praha ini emang penghasil wine terbesar di Eropa lho. Saya buktikan begitu sampai di sana…kulkas kamar hotel saya sendiri sudah terisi bermacam-macam alkohol instead of soft drink, dan wine-nya sendiri ada 4 botol. Woo hoo! !

czech-wine

(left to right: Czech Wine – Czech Wine – London Dry Gin – Findland Vodka – Irish Whisky – Czech Beer – Czech Wine)

74273_1600780694853_4538911_n

(Cheers baby! malam sebelumnya sudah minum sebotol wine juga gratisan dari Emirates. :D)

Beberapa hari pertama di Praha di habiskan untuk fokus ke persiapan kompetisi sih, yah ada jalan-jalan dikit juga…nyobain metro, secara seumur hidup belum pernah naik kereta bawah tanah. Kebetulan 500 meter dari hotel ada subway, nyoba lah saya. Awalnya bingung gimana ini sistem transportasinya, gimana cara beli tiket dari ticket machine, dll. Untungnya, yang namanya selebaran/peta tersedia gratis di mana-mana…di hotel, supermarket, atau di subway itu sendiri. Ini foto saya di depan subway Invalidovna…

praha-invalidovna

Di Praha ini metronya terbagi atas 3 jalur, ada Metro A, Metro B, dan Metro C. Kebetulan Invalidovna ada di jalur Metro B. Intinya kita mesti rajin-rajin lihat peta aja kalau mau pergi ke tempat tertentu, lihat-lihat tempat tujuan kita itu ada di dekat jalur metro yang mana. Contoh, kalau mau pergi ke daerah yang ada Metro A, maka saya harus turun di subway transit dari B ke A untuk ganti kereta. (semua keterangan lengkap ada di peta, jadi mudah dimengerti).

Selama di Praha saya nggak pernah kedapetan metro yang pas sepi, rame terus…nyaris nggak pernah dapet tempat duduk, jadi nggak bisa fotoin gimana bagian dalam metronya. Untuk tiket metro biasanya saya beli yang 24 jam-an 100 Czk, atau Rp. 50.000. Ada beberapa perbedaan tarif untuk manula, hewan peliharaan, dan orang-orang yang bawa wheel chair/sepeda lipat. Tarif khusus tersebut diberlakukan soalnya biasanya yang bawa hewan peliharaan/wheel chair/sepede itu makan tempatnya suka nggak kira-kira. Terutama yang bawa hewan peliharaan, bener-bener makan tempat. PAKE BANGET.  Beberapa kali di Praha nemu orang bawa anjing Siberian Husky gede banget di dalem metro. Gedenya 2x badan saya. Ini anjing beneran apa siluman…apa anjing ngepet…bahahaha! Asli segede Jacob pas jadi serigala, mau duduk di sebelah si anjing tapi malah ngeri sendiri takut dicaplok. Dan beberapa kali liat orang jalan-jalan bawa anjing gede lainnya. Sepertinya orang di Praha suka sama anjing yang gede. Tapi saya sempet foto di dalam metro sekali sih. Kurang lebih interior-nya seperti ini…

metro-praha

Oh iya, subway di Praha ini termasuk dari 7  stasiun bawah tanah terindah di dunia lho…on the spot Trans 7 juga udah pernah nayangin :-P. terutama Metro A. Interiornya bagus dan warna-warni, beda-beda tiap stasiun pokoknya. tapi lagi-lagi rada susah banget diambil fotonya, secara subwaynya crowded terussss…tapi sempet foto sekali di subway Namesti Miru pas sudah hampir jam 9 malam, agak sepi. Pas banget kebetulan Namesti Miru ini subway favorite saya, warna dinding terowongan-nya perpaduan antara biru metalik & gold! Love it! :*

namesti-miru-praha

Soal makanan di Praha saya nggak terlalu rewel sih, selain tetep bergantung kepada makanan pokok orang Indonesia pas traveling, yaitu Pop mie, di Praha juga terdapat restoran masakan Indonesia, namanya Java Restaurant, chef-nya asli orang Jawa, interior-exterior restoran-nya pun bernuansa Jawa yang kental, ada patung-patung, dan seluruh mejanya bertaplak kain batik. Makanannya? jangan ditanya lagi…yummy! Konsep restoran ini buffet atau all-you-can eat. Makananya macem-macem, kebetulan pas saya mampir ke sana ada Soto Ayam, Sate Ayam, Sayur Lodeh, Oseng-oseng, Perkedel Jagung dll. lengkap dengan kerupuk dan sambalnya. Tak lupa, nasi putih pulen. Untuk snack-nya ada lumpia semarang dan pastel. Harganya 160Czk, atau sekitar Rp. 80.000/pax. Mahal? ya nggak sih, malah lebih murah dari restoran Jepang all-you-can eat terkemuka di Indonesia. Lagian harga segitu worthed banget untuk mengobati rasa kangen sama tanah air, dan yang paling penting HALAL! Jadi nggak perlu insecure lagi soal makanan, terutama buat kalian-kalian yang strictly halal food-minded. 🙂 Duh, bodohnya pas di restoran nggak sempet fotoin makanannya pas masih belom dimakan, karena buru-buru pakai numpang ganti kostum segala di sana. Adanya juga ini, foto pas makanannya udah dimakan sama besoknya dapet katering makan yang ternyata menunya dapet dari resto ini…Horeee!

java-restaurant-praha

40151_1606680562346_3628537_n

(Sambel, lalapan mentimun, nasi pulen ditabur bawang goreng, serundeng kelapa…Indonesia banget! P.S: Sendoknya modal abis…bukan sendok bebek/plastik kayak nasi kotak di sini. Boleh diambil. :D)

Besoknya makan makanan Indonesia lagi di KBRI Praha…kali ini rame-rame bareng temen-temen Unpad dan Binus juga. Makanannya banyak, ada rendang…favorite saya, dessert-nya juga enak, dan pastinya gratissss! Kami datang berbatik-batik pula…rasanya udah kayak lagi di kondangan hehe.

Long story short, kami menang kompetisi di 2 kategori, plusss special award untuk choir with The Most Scenic Choreography…2 paduan suara dari Indonesia lainnya juga menang lho. Pokoknya Indonesia membahana deh, semua juara diborong sama Indonesia! Cihuy! 😀 Kebetulan juga waktu itu kita dapat fasilitas mengunjungi beberapa tempat wisata di Praha dari panitia kompetisi, plusss guide-nya juga. Tujuan utama sih Prague Castle, Karluv Most (Charles Bridge) salah satu lokasi syuting film jepang Nodame Cantabile, Old Town Square, dan Astronomical Clock. Tempat-tempat di tersebut free entrance ya (waini yang penting…mental gratisan detected! :-p), alias nggak pakai tiket. Yang pakai tiket palingan kalau masuk-masuk ke museum. Di Praha terdapat banyak museum, termasuk yang unik seperti Barbie museum atau bahkan Sex Machine museum. Ini foto-foto yang diambil dari beberapa tempat yang saya kunjungi…

prague-castle-01148148_1606663281914_2385967_n

76893_1606666882004_4610248_n

(atas: Prague Castle gate, 2 bawah: dalemnya Prague Castle, ternyata dalemnya masih ada gedung-gedung lain, restoran, wine bistro & museum…tapi nggak saya masukin semua, soalnya bayar! Hahaha…palingan nyobain Hot Wine doang…tapi meh, aneh banget rasanya mirip rebusan tape ketan item. -.-“)

karluv-most-01

karluv-most-02

(kedua foto ini diambil di Karluv Most/Charles Bridge tempat syuting film Nodame Cantabile. Di Karluv Most banyak wisatawan, tapi pengemis banyak juga…hahaha :-p Foto patung Yesus disalib diatas kurang tau juga apa ngaruhnya buat orang Ceko, secara di sana sebagian besar penduduknya adalah komunis…dan juga atheis, gereja yang aktif hanya sekitar 25%, 75% persen bangunan gereja lainnya dijadikan obyek wisata! 🙂 )

astronomical-clock-praha

(The Astronomical Clock)

odl-town-square-praha

(Me at Old Town Square…crowded pemirsaaa!)

sex-machine-museum-praha

(bagian dalam Sex Machine museum…isinya? hmmm…bisa dikira-kira dari namanya sendiri lah…hihihi)

barbie-museum-praha

(Barbie museum, isinya Barbie *ya iyalah! menurut eL?* …lokasinya terletak di dalam Prague Castle…selain di Praha, Barbie museum ini juga ada di Munich, Jerman 🙂 )

Sebelum pulang nggak lupa belanja oleh-oleh dulu di pasar tradisional di Mustek. Harga di Praha pokoknya semua murah…kemarin sih budgetnya buat jajan, jalan-jalan, dan oleh-oleh 2-2,5 juta rupiah. Itu pun masih ada kembalian dikit. Terus nih, pas lagi asik-asik belanja eh…ketemu sama musisi kenamaan Indonesia: Om Erwin Gutawa. Kebetulan waktu itu beliau sedang menggarap musik bersama Prague Philarmonic Orchestra. Kalo nggak salah sih buat musikal Laskar Pelangi. Pulangnya ketemu  lagi sama Om Erwin, satu pesawat pula. Acara di pasar malah sempet berubah jadi jumpa fans dadakan, abis semua pada minta foto, hihihi…noraknya teteup! 😀

75085_1608495207711_5963979_n

Kesimpulannya, Praha ini tempat di Eropa yang paling cocok dikunjungi buat first timer dan low budget traveling. Soalnya sampai detik ini saya belom nemu lagi tempat di Eropa yang living cost-nya lebih murah dari Praha. Sampai jumpa di postingan berikutnya yaa…maaf kalau di postingan yang ini fotonya banyak yang nggak penting! Maklum baru pertama ke Eropa, jadi kerjaannya foto melulu…

Ciaoo! 😀

Advertisements

2 thoughts on “Exploring Prague: Tempat Paling Wajib Dikunjungi di Eropa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s