Macaroni Schotel Kukus

Siapa sih yang nggak suka Macaroni Schotel? Dari dulu pengen bikin, tapi males karena punyanya cuma oven jadul (ciyaaaan!) . Solusinya, bikin Macaroni Schotel Kukus! Setelah browsing sana-sini, dan utak-atik sedikit resepnya. Akhirnya jadilah Macaroni Schotel Kukus a la saya. Gampang, anti-gagal & pasti jadi (saya percobaan pertama langsung berhasil). Rasanya enak & teksturnya lebih lembut dari yang panggang loh…semua pasti suka! Yuk bikin! 😀

*[untuk 3-4 orang]

*[level: medium]

Bahan:

100 grams – macaroni elbow/fusilli

125 ml – UHT milk

1 butir – telur

1/2 sdt – garam

1/2 sdt – merica

1/2 sdt – kaldu ayam bubuk (optional)

50 grams – corned beef/dada ayam rebus cincang

2 buah – sosis, potong2

1/2  butir – bawang bombay cincang

50 grams – wortel potong dadu

50 grams – cheddar cheese/quick melt cheese

1 sdm – butter/margarine

1 sdm – minyak sayur

air – untuk merebus macaroni & mengukus

Cara membuat:

1. Masukan macaroni ke dalam air mendidih, tambahkan 1 sdm minyak sayur, rebus macaroni selama kurang-lebih 10 menit, sampe al dente.

2. Kocok lepas telur, tambahkan susu UHT sedikit demi sedikit, garam, merica, kaldu ayam bubuk, aduk sampai rata.  Kalo nggak suka kaldu bubuk, skip aja, tapi garamnya ditambah sedikit.

3. Panaskan 1 sdm margarin/butter, tumis bawang bombay sampai harum. Tambahkan wortel, tumis sampai wortel lembut.

4. Masukan tumisan bawang bombay-wortel ke dalam campuran susu-telur, tambahkan corned beef/dada ayam rebus/sosis, tambahkan cheddar/quick melt cheese yang sudah diparut (sisakan sedikit untuk taburan).

5. Siapkan loyang/cetakan, olesi sedikit margarin. Masukan seluruh campuran bahan, taburi dengan sisa keju parut.

6. Tutup loyang dengan aluminium foil/plastic wrap, kukus selama kurang lebih 45 menit.

7. Dinginkan di suhu ruangan sampai hilang uap panasnya dan macaroni schotel agak mengeras teksturnya (kalo masih panas rada lembek, trus kalo dipotong berantakan…sabar yah! :3 ).

8. Potong-potong dan hidangkan dengan saus sambal/tomat.

Selamat makan! 😉

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s